Soal-Soal CPNS | CAT CPNS | Try Out CPNS | Info CPNS

Soal TKD Tes Intelegensi Umum ( Part 1)

Soal TKD Tes Intelegensi Umum ( Part 1) ~ Dalam Mempersiapakn ujian CPNS ada beberapa materi yang wajib anda pelajari, dalam bidang pendidikan atau yang berjurusan S1 soal atau materi yang wajib dipelajari di antaranya adalah TWK ( tes wawasan kebangsaan), TIK ( tes intelegensi umum ), TKP ( tes ketrampilan pribadi ), dari 3 materi wajib diatas akan saya bahas satu persatu.

Dalam postingan Info CPNS kali ini saya akan mulai membahas terlebih dahulu mengenai Soal-Soal TKD yaiut tes intelegensi umum ( TIU), untuk lebih detailnya anda bisa lihat Disini.

Yuk langsung saja kita bahas beberapa contoh soal Tes Intelegensi Umum beserta Jawabannya serta penjelasannya, Berikut :

TIU Padanan Kata
Petunjuk :
Untuk nomor 1 sampai 20 masing-masing soal terdiri atas suku kata yang dicetak besar dengan huruf besar ( huruf kapital) didikuti lima kemungkinan jawaban, pilihlah salah satu jawaban yang mempunyai arti sama atau paling dekat dengan arti kata yang dicetak dengan huruf besar.

http://infocpns11.blogspot.com/

1. TENDENSI
a. kesamaan
b. kemiringan
c. kecenderungan
d. keinginan
e. ketergatungan

2. PARADOKS
a. sejajar
b. searah
c. model
d. lawan
e. pragmatis

3. ANDAL
a. gesit
b. absah
c. tangguh
d. cerdas
e. gagah

4. DAMPAK
a. pengaruh
b. benturan
c. berubah
d. hambatan
e. masalah

5. AUTENTIK
a. palsu
b. asli
c. Tiruan
d. mirip seperti
e. layaknya

ok untuk soal paduan kata dalam kategori Tes intelegensi umum saya berikan contoh 5 diatas jika ingin komplit daftar sendiri ya DISINI. 

TIU Lawan Kata
Petunjuk :
Untuk soal TIU yang berjenis lawan kata ini anda harus memilih jawaban yang relatif berlawanan kata atau yang paling mendekati, berikut contohnya :

1. STABIL
a. labil
b. rusuh
c. runtuh
d. hancur
e. retak
2. KRUSIAL
a. perpecahan
b. khusus
c. spesial
d. sepele
e. penting

3. KONSTAN
a. bervariasi
b. berubah-ubah
c. situsional
d. berbeda-beda
e. bertentangan

4. DINAMIS
a. aktif
b. statis
c. kondusif
d. apatis
e. pragmatis

5. MAYA
a. fatamorgana
b. ilusi
c. nyata
d. khayal
e. jelas

Itulah sedikit pembahasan dalam kategori soal Tes intelegensi umum, untuk lebih jelas tiap bagian dari soal-soal CPNS khususnya materi TIU akan saya bahas satu persatu pada postingan selanjutnya, untuk sementara sampai disini dulu. semoga membantu, terimakasih
Untuk lebih jelas dan semua soal-soal CPNS yang lebih komplit saya tidak bisa menulisnya satu persatu karena mengingat banyak sekali jenisnya, silahkan anda DOWNLOAD DISINI.
0 Comments for "Soal TKD Tes Intelegensi Umum ( Part 1)"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Back To Top